Apa Penyebab Sakit Kepala Sebenarnya

Apa Penyebab Sakit Kepala Sebenarnya
Pasti anda pernah mengalami sakit kepala. Ya, rasa sakit pada kepala yang membuat kita tidak nyaman. Sebenarnya banyak penyebab anda sakit kepala, antaranya ketidakseimbangan fisik dan mental, stress pola hidup makanan konsumsi. Dan berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan sakit kepala :

Pengunaan Telepone/Handphone
Sebaiknya anda tidak menjepitkan Telepon dengan bahu. Terlalu lama menjepitkan telepon/handphone diantara telinga dan bahu yang terlalu lama mengakibatkan leher menjadi tegang yang berefek pada kepala. Menggunakan handset akan lebih baik dan nyaman.

Makanan Konsumsi
Beberapa makanan juga berpotensi sebagai penyebab sakit kepala anda, akan ada baiknya anda menghindari makanan berikut atau menguranginya demi kesehatan anda :
  • Junk Food : Merupakan makanan favorit saat ini, memang enak tapi tidak baik jika kita terlalu sering mengkonsumsinya. Junk Food mengandung Monosodium Glutamat, dimana tubuh kita butuh waktu yang lama untuk mencerna zat ini, efeknya secara tiba-tiba darah akan mengalir  ke otak dan menimbulkan sakit kepala.
  • Kopi : Akan sangat nikmat saat kita bisa menikmati kopi di pagi hari. Namun kopi ini bisa menjadi penyebab sakit kepala untuk anda yang mengidap kelainan tertentu. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menimbulkan sakit kepala jika tercampur dengan magnesium.
  • Cokelat : Makanan ini memang baik untuk kita, tapi adakalanya coklat kurang baik untuk kita makan. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi cokelat, karena mengandung phenylethylamine dan theobromine yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah.
  • Makanan yang mengandung zat pewarna : Hampir sebagian makanan instan mengandung bahan pewarna. Banyak yang sudah menjelaskan, bahwa terlalu banyak kandungan zat pewarna yang masuk di tubuh kita akan menimbulkan beberapa efek yang kurang baik, dan salah satunya adalah sakit kepala. Akan lebih baik bila kita mengurangi makanan-makanan yang mengandung zat pewarna dengan makanan yang alami.
  • Minuman beralkohol : Untuk yang satu ini, pemerintah pun melarang untuk mengkonsumsinya. Karena efek yang yang ditimbulkan alkohol ini memang sangatlah buruk. Selain membuat kepala semakin berat dan pusing, minuman beralkohol dapat merusak otak, karena disebutkan juga alkohol dapat menipiskan darah.
  • Permen karet : Saat makan permen karet kita akan sangat lama mengunyahnya, dimana hal itu myenbabkan tekanan pada sendi dan pertemuan antara rahang dengan kepala tengkorak ini dapat menimbulkan sakit kepala. Pemanis buatan seperti apartam pada permen karet pun dapat menjadi pemicu sakit kepala.
Komputer
Bila pekerjaan anda di depan komputer, ada baiknya anda tidak terlalu lama memandangi layar monitor terlalu lama. Terlalu lama memandangi layar akan menyebabkan ketegangan pada mata yang berefek pada kepala. Berpalinglah dari layar monitor untuk beberapa saat setiap jam untuk mengurangi ketegangan mata.

Kursi
Jika kursi yang anda gunakan tidak mendukung punggung, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, kata terpi fisik New York City, Karen Litzy

Tas
Saat anda menggendong tas dengan beban yang berat, hal ini menyebabkan ketegangan otot leher dan kepala. Hal demikian juga dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Masih banyak penyebab yang membuat kita sakit kepala, namun diatas adalah beberapa hal sering ayang ada dilingkungan kita. Untuk mengatasi bagimana cara mengobati sakit kepala, silahkan lihat artikel Mengobati Sakit kepala. Demikian artikel saya tentang Penyebab Sakit Kepala. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.