Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot

Cara Mengatasi Komputer Laptop Lemot
Penyebab dan cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot - Sering kali anda mengalami hang, not responding atau bahkan restart sendiri. Mungkin ada beberapa masalah yang terjadi pada komputer/laptop sobat. Komputer atau Laptop yang lemot tentu menghambat pekerjaan, membuat tidak nyaman dalam bermain game.

Komputer/Lapotop lemot biasanya karena banyak file yang duah tidak terpakai namun masih tersimpan, terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu, kemampuan atau spec dari laptop atau bisa juga karena virus. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena semua permasalahan pasti ada solusinya. Silahkan pelajari penyebab komputer/laptop lemot untuk melakukan resolve.

Beberapa Penyebab Komputer/Laptop Lemot

1. Terlalu Banyak File Temp. (Temporaly)
Ibarat sebuah truk, jika terlalu banyak muatan akan sulit untuk bisa berjalan dengan kencang. Sama halnya dengan komputer/laptop, jika terlalu banyak file maka akan membuat lemot. Untuk itu, hapus file yang sekiranya sudah tidak di pakai lagi, terutama file temp. yang bertambah menumpuk setiap kali kita browsing/berinternet.

Untuk menghapus file temp. sobat bisa menggunakan CCleaner. CCleaner merupakan aplikasi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi. Aplikasi ini berbayar, tapi banyak juga yang full gratis.

2. Spesifikasi RAM Komputer dan Aplikasi yang Terinstal
Jika komputer/laptop sobat lemot, mungkin karena spec PC kurang mendukung dengan aplikasi yang terinstal. Selain itu, hapuslah aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi penggunaan memory komputer. Aplikasi yang berukuran besar tidak baik jika di instal di laptop dengan RAM kecil. Kalau ingin tahu tentang RAM, silahkan lihat Apa itu RAM dan macam tipenya. Aplikasi Game Online seperti Point Blank, Counter Strike biasanya memiliki file berukuran besar.

Solusinya jika sobat ingin menginstal banyak aplikasi atau game online, maka harus menambah kapasitas RAM laptop/PC. Sobat bisa bertanya ke toko komputer bagaimana untuk menambah RAM yang sesuai dengan jenis PC. Manambah RAM adalah langkah terbaik cara mengatasi komputer laptop lemot.

3. Overheat / Kepanasan
Seperti mesin yang lainnya, jika kita terus menyalakan laptop/PC terlalu lama makamesin akan menjadi panas, dan kinerjanya pun akan menjadi berkurang. Meskipun sobat menggunakan kipas pendingin, namun tetap disarankan untuk tetap menonaktifkan PC saat tidak digunakan.

4. Virus
Salah satu kemungkinan penyebab komputer/laptop lemot yaitu virus. Dan ini merupakan yang paling berbahaya, tidak hanya menjadi lemot, biasanya akan terjadi gangguan-gangguan yang lainnya. Virus bisa merusak jaringan dan sistem di laptop. Virus bisa menular melalui flashdisk, dan saat kita browsing.

Langkah terbaik adalah dengan memasang antivirus dua tipe. Yang satu antivirus lokal ada SMADAV, dan satunya antivirus global ada AVG, Avira, Northon atau lainnya. Dan perlu di perhatikan untuk selalu mengupdate antivirus jika ada versi terbaru, karena virus semakin berkembang. Jadi kita perlu benteng yang lebih baik dan kuat untuk pertahanan.

Itu beberapa hal yang menjadi penyebab laptop lemot. Yang terpenting adalah spesifikasi RAM dan Harddisk dari komputer dan antivirus yang selalu update. RAM dan Harddisk merupakan mesin, jadi semakin bagus levelnya, PC akan menjadi lebih ringan.

Demikian sedikit penjelasan tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot. Smoga bermanfaat...

1 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.