Pengertian Link NoFollow dan DoFollow

Apa itu Link NoFollow dan DoFollow? Apa perbedaanya? Mungkin untuk sobat yang baru belajar blog seperti saya sering bertanya-tanya tentang maksud link tersebut. Jadi, kedua tipe link tersebut merupakan attribut HTML sebagai alat penjelas kepada  para mesin pencari untuk mengikuti link tersebut atau tidak mempedulikannya. Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Link NoFollow dan DoFollow

Pengertian Link DoFollow

Jadi DoFollow itu memberi maksud kepada mesin pencari untuk mengikuti link tersebut dan mengindeknya. Jadi saat mesin pencari menemukan link berattibut dofollow, maka mesin pencari akan mengunjungi link tersebut dan menjelajahinya. Ada beberapa sumber mengatakan jika kita memasang link beratribut dofollow di blog lain maka blog kita akan mendapatkan backlink dan pagerank. Namun sebagian blog telah menonaktifkan attribut dofollow untuk link-link di komentar karena untuk menghindari kegiatan spam yang dapat menurunkan kualitas blog di mesin pencari. Karena saat blog mengaktifkan link  dofollow di kotak komentar, maka akan banyak komentar-komentar spam yang menautkan link mereka dengan tujuan crawler juga akan mengunjungi link pengomentar tersebut. Tapi masih banyak juga blog-blog yang masih menggunakan tag dofollow ini. Penggunaan link dofollow itu seperti ini contohnya :
<a href="carauntukbisa.blogspot.com" rel="dofollow">Cara Untuk Bisa</a>

Pengertian Link NoFollow

Kalau yang ini sudah jelas kebalikan dari dofollow, yaitu memberi tahu kepada mesin pencari untuk tidak memperdulikan link yang berattribut nofollow tersebut. Jadi, saat mesin pencari menelusuri sebuah halaman dari blog kemudian menemukan link yang beratribut nofollow, maka link tersebut hanya akan di lewati dan tidak akan di akses oleh mesin pencari. Naah, blog yang menonaktifkan tag dofollow menggantinya dengan nofollow di kotak komentar. Hal ini jelas agar tidak ada komentar-komentar yang tidak jelas yang hanya ingin menautkan link mereka. Untuk penggunaan tag nofollow seperti ini :
<a href="carauntukbisa.blogspot.com" rel="nofollow">Cara Untuk Bisa</a>

Jadi ada keuntungan dan kerugian dalam penggunaan tag dofollow dan nofollow. Sobat harus pandai-pandai menggunakan tag ini agra blog sobat tidak dianggap spam oleh mesin pencari. Oke, itulah tadi sedikit penjelasan tentang link dofollow dan nofollow, semoga bisa dipahami.

3 comments

boleh atuh di coba ids-free
tapi apa ngruh nya yak klo pun terindex ttp link sobat kn yang ke detek???

Reply

Thanks bray, penjelasan elu emang mantab bray. Yo bay.

Reply

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.