Cara Simpel Burning CD/DVD Dengan Nero Express

Untuk sobat yang ingin tahu cara burning video ke CD atau DVD menggunakan aplikasi Nero Express, saya akan jelaskan tutorialnya di postingan kali ini. Burning atau bakar adalah istilah untuk menaruh file di dalam disk. Penulisan data atau file di disk tersebut dilakukan dengan laser kecil yang terdapat dalam CD Room, sehingga istilahnya  disebut burning/bakar.

Lalu bagaimana cara burning CD atau DVD? Saya akan jelaskan cara burning CD dan DVD menggunakan Nero Express 8. Sebenarnya ada aplikasi untuk burning video selain Nero Express seperti, Ashampoo Burning Studio, Deep Burner, UltraISO dan lainnya. Tapi mungkin yang paling familiar dan dikenal adalah Nero Express. Maka dari itu saya akan coba jelaskan cara penggunaannya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Burning CD/DVD Dengan Nero Express

Untuk memburning video ke CD/DVD menggunakan Nero atau lainnya, pastikan sobat sudah menyiapkan CD/DVD kosong. Dan siapkan juga video yang ingin di burning. Jika sobat belum punya aplikasi Nero, silahkan download dulu kemudian instal.  Setelah itu lihat langkah burning berikut.
1. Buka Nero Experssnya. Dan sobat akan melihat beberapa pilihan, silahkan sobat pilih Video/Picture. Sobat bisa memilih Video CD jika ingin burning ke CD, atau DVD Video File untuk burning ke DVD. Langkah selanjutnya akan sama.


2. Setelah itu Klik Add. Dan pilih video yang akan di burning. Untuk dapat di putar di CD/DVD format file videonya adalah Avi, Mpeg, MPG. Lihat Cara Mengubah Format File Video jika sobat belum merubahnya.


3. Pilih Next.

Note: Lihat rule warna hijau! Itu adalah jumlah ukuran file yang akan di burning. Pastikan tidak melebihi kapasitas dari CD/DVD.

4. Pilih Next lagi. Tapi jika sobat ingin mengubah tampilan Menu, Background, Layout bisa diatur sendiri.
5. Siapkan CD/DVDnya, masukan dalam CD Room.
6. Periksa nama file dan jumlah kopian. Lihat keterangan di bawah gambar.


Current Recorder : Untuk menyetting kecepatan record.
Disc name :Memberi nama pada disk.
Number of copies : Mengatur berapa kali file akan di burning.

7. Terakhir Klik Burn. Tunggu sampai proses selesai, setelah itu baru ambil disk dari CD Room.

Bagaimana Sobat, mudah kan? Tutorial di atas menggunakan Nero 8. Untuk yang lainnya sebenarnya sistem kerjanya hampir sama. Sobat bisa menyesuaikannya sendiri. Lihat tutorial ini untuk pedomannya. Oke, itulah tadi Cara Simpel Burning CD/DVD Dengan Nero Express. Selamat mencoba..

1 komentar:

thanks tutorialnya brader

Reply

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan.