Cara Merawat Laptop Yang Benar

Cara Merawat Laptop
Cara Merawat Laptop Yang Benar - Laptop merupakan barang elektronik yang sensitif. Menggunakannya sembarangan, tidak hati-hati bisa membuatnya rusak. Memang lebih praktis dibandingkan dengan komputer, tapi sobat harus pandai merawat laptop agar tetap awet.

Tidak seperti yang sobat bayangkan jika cara merawat laptop itu sulit. Yang terpenting adalah berhati-hati dalam menggunakannya, jangan asal-asalan. Laptop bisa awet atau cepat rusak tergantung sobat menggunakannya. Tapi kali ini kami saya akan berikan tips cara merawat laptop agar tetap awet.

Cara Merawat Laptop


Beberapa hal yang harus sobat hindari agar laptop tetap awet, sebagai berikut:

1. Menjaganya tetap bersih
Maksudnya bukan kita harus memandikannya lho, :D. Maksudnya kita harus selalu memperhatikan dan menjaganya dari debu, terutama untuk bagian keyboard. Biasanya ada debu, sisa makanan atau abu rokok disetiap sela-sela tombol yang tidak kita ketahui dan dapat merusak laptop. Cobalah untuk selalu membersihkannya, sobat bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sela-sela tombol yang sempit.

Matikan laptop saat sobat membersihkannya. Jangan lupakan juga kebersihan layar laptop. Gunakan kain lembut untuk mengelapnya. Sobat juga bisa membeli cairan untuk pembersih layar, asalkan jangan menggunakan air biasa. Tapi jika tidak ada, bisa dengan menggunakan kain lembut kering. Bersihkan yang rata dari bagian tas sampai bagian bawah.

2. Pelindung
Naah, jika sobat tidak ingin selalu membersihkan keyboard, sobat harus membeli pelindung atau penutup keyboard yang seperti karet. Itu ada di toko aksesoris komputer. Selain itu, berikan pelindung juga pada layar monitor.

3. Software atau Aplikasi
jangan sembarangan menginstal aplikasi, ini juga salah satu cara merawat laptop. Tidak hanya bagian luar, justru yang sering menjadi masalah adalah bagian software atau perangkat lunak. Jangan sembarangan menginstal aplikasi, apalagi mendownload aplikasi dari situs yang kurang bisa di percaya. Hal yang ditakutkan adalah aplikasi yang di download mengandung virus yang merusak laptop. Dan agar laptop tidak lemot, uninstall aplikasi yang tidak terpakai.

4. Baterai
Kalau perangkat yang satu ini biasanya kendalanya adalah lowbat. Baterai laptop hampir sama dengan baterai handphone. Jika sobat suka maen game laptop, lebih baik menghubungkan laptop langsung ke charger, dengan melepas baterai.

5. Hindarkan dari Makanan dan Minuman
Berhati-hati saat sobat sedang makan atau minum sambil bermain laptop. Ketidaksengajaan menumpahkan makanan/minuman bisa berakibat laptop harus di bawa ke tempat service. Setidaknya 200rb harus keluar, itupun jika hanya motherboardnya yang kena.

6. Jangan letakan di kasur
Selain itu, jangan menaruh laptop yang menyala di atas kasur. Kenapa? Karena bagian bawah sebagai pengatur keluar masuknya udara akan tertutup. Hal ini akan membuat laptop cepat panas dan aus karena tidak mendapatkan udara masuk.

Untuk lebih lengkapnya tentang cara merawat laptop, sobat bisa melihatnya di buku panduan saat membelinya. Lihat apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Tapi intinya adalah berhati-hati, laptop terdiri dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Jadi, berpikirlah, sekiranya apa yang tidak baik untuk hardware dan software.

Itulah sedikit tips dari kami tentang Cara Merawat Laptop. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung,...

1 comments:

thanks gan infonya sngat bermanfaat.....

Reply

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan.